Langsung ke konten utama

3 Cara Membayar Tagihan PDAM melalui BCA

 BCA, semua kalangan hampir tidak asing dengan bank yang satu ini. BCA semakin populer di banyak kalangan karena pelayanannya terhadap nasabah yang cukup baik. Tak hanya pelayanan yang memuaskan, BCA juga terus mengembangkan inovasi untuk membantu dan memudahkan nasabahnya. 

3 Cara Membayar Tagihan PDAM melalui BCA

Adanya BCA mobile, dan myBCA merupakan beberapa contoh inovasi yang dikeluarkan oleh BCA untuk mempermudah nasabahnya. Fitur yang lengkap dan penggunaan yang relatif mudah dipahami untuk semua kalangan menjadi kelebihan tersendiri. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh BCA yakni, nasabah dapat membayar tagihan PDAM tanpa harus pergi kekantor. 

Cara Membayar Tagihan PDAM melalui BCA

Bagi nasabah Bank Central Asia (BCA), pembayaran PDAM dapat dilakukan dengan cepat dan praktis melalui layanan mobile banking. Anda tidak perlu lagi antre atau datang ke loket pembayaran, cukup menggunakan aplikasi BCA mobile dari smartphone. Berikut 3 cara membayar tagihan PDAM melalui BCA. 

Membayar PDAM melalui BCA mobile.

Membayar tagiham melalui BCA mobile bisa menjadi alternatif pertama yang paling mudah. Berikut ini panduan lengkap tentang cara bayar PDAM lewat mobile banking BCA

Membayar PDAM melalui BCA mobile.

  1. Download aplikasi m-BCA. 
  2. Buat akun BCA mobile terlebih dahulu atau log in jika sudah pernah membuat akun
  3. Pilih menu m-payment.
  4. Pilih utilitas. Didalam menu publik/utilitas terdapat pilihan PAM/PLN. Kemudian pilih PAM.
  5. Masukkkan nomor pelangggan PAM. Nomor pelanggan dapat dilihat dari struk pembayaran sebelumnya.
  6. Konfirmasi pembayaran sebelum menekan kirim atau send
  7. Klik send dan masukkan pin BCA mobile.
  8. Jika pembayaran berhasil akan ada notifikasi sukses. 

Membayar PDAM melalui myBCA

Alternatif kedua untuk membayar PDAM tanpa harus pergi ke kantor bisa menggunakan myBCA. MyBCA dapat diakses melalui website atau bisa mendownload aplikasinya di playstore. Keduanya memiliki cara yang sama dan mudah. Berikut cara membayar PDAM melalui aplikasi myBCA.

  1. Download aplikasi myBCA
  2. Lakukan log in atau register terlebih dahulu agar bisa melakukan transaksi
  3. Pilih menu pembayaran atau menu bayar dan isi ualang
  4. Dalam menu pembayaran pilih PDAM atau Air
  5. Masukkan wilayah dan nomor pelanggan termasuk jumlah tagihan
  6. Sebelum melanjutkan pembayaran konfirmasi terlebih dahulu.
  7. Setelah semua benar, klik bayar kemudian masukkan pin.
  8. Pembayaran selesai. 

Membayar PDAM melalui ATM BCA

Selain melakukan pembayaran melalui aplikasi dan website BCA, membayar tagihan PDAM juga dapat dilakukan melalui ATM BCA. Berikut cara lengkap membayar tagihan PDAM melalui ATM BCA.

  1. Temukan ATM BCA terdekat
  2. Masukkan kartu ATM BCA
  3. Masukkan pin dan pilih bahasa
  4. Pada menu utama pilih transaksi lainnya
  5. Pilih opsi pembayaran, dan pilih air atau PDAM
  6. Pilih perusahaan PDAM sesuai dengan wilayah berlangganan
  7. Masukkan nomor pelanggan
  8. Mesin akan menampilakan nama pelanggan dan jumlah tagihan. Jika benar pilih ya atau setuju untuk melanjutkan pembayaran
  9. Setelah selesai bukti pembayaran akan dicetak oleh mesin ATM. 

Penyebab gagalnya pembayaran PDAM

Sebagian masih mengalami kegagalan saat melakukan transaksi pembayaran PDAM melakui banking BCA, myBCA, maupun melalui ATM. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan transaksi.

1. Kesalahan dalam mengisikan data

Ini adalah kesalahan paling umum yang dialami oleh banyak nasabah. Kesalahan dalam memasukkan data bisa menjadi kesalahan yang fatal. Kesalah ini dapat menyebabkan uang hilang. Contohnya seperti saat mengisikan nomor pelanggan dan nasabah terlewat dalam check ulang nomor tersebut. Kesalahan memasukkan data yang lain yang sering dlakukan nasabah adalah saat memasukkan kode perusahaan.

Untuk mengurangi kesalahan, ada baiknya nasabah mengkonfirmasi dengan baik sebelum melakukan pembayaran PDAM.

2. Koneksi Internet

Dalam melakukan pembayaran secara online melalui banking BCA maupun my BCA, baiknya nasabah memastikan koneksi internet. Koneksi internet harus stabil agar pembayaran PDAM tidak tersendat atau tertunda. Jika koneksi intenet terputus ada baiknya hentikan dan tunggu hingga koneksi internet kembali stabil. Ini lebih baik daripada terputus di tengah transaksi yang sudah berjalan. Pada mobile banking BCA, koneksi internet yang stabil dan baik ditandai dengan adanya warna hijau yang ada pada kotak sudut atas. 

3. Masalah pada Sistem

Faktor eksternal juga dapat menjadi faktor gagalnya transaksi pembayaran PDAM. Bank dalam keadaan masalah teknis tidak dapat melakukan transaksi apapun termasuk pembayaran PDAM. Untuk mengatasi masalah pada sistem, nasabah bisa menghubungi pihak bank dalam hal ini bankBCA.

Masalah sistem tidak hanya dapat disebabkan oleh pihak bank. Kegagalan pembayaran juga dapat disebabkan sistem error pada pihak penerima yakni PDAM. Faktor ekstenal lainnya adalah mesin ATM yang digunakan untuk melakukan pembayaran mengalami error.

4. Saldo

Untuk mengurangi kesalahan yang ada, pastikan sebelum melakukan pembayaran saldo nasabah masih berada di angka yang aman. Minimal saldo yang dimiliki nasabah cukup untuk melakukan pembayaran dan membayar biaya transfer. Jika memang saldo tidak mencukupi, nasabah dapat melakukan setor tunai terebih dahulu.

Dengan memaksimalkan penggunaan layanan dari BCA, semua pembayaran dapat dilakukan lebih mudah cepat dan efisien. Dalam hal ini pembayaran untuk tagihan PDAM. Nasabah juga diberikan banyak opsi dalam melakukan transaksi. Mulai dari melalui banking BCA, aplikasi hingga ATM, sesuai dengan kebutuhan. Tidak lupa untuk memperhatikan hal-hal mulai dari yang terkecil agar kemudahan yang tersedia memang berjalan seperti seharusnya dan meminimalisir kegagalan dalam bertransaksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Offline Mandiri Jam Berapa? Cek Waktunya Disini Terbaru

Jika Anda sedang mencari informasi terkait jadwal offline mandiri jam berapa? Maka Anda telah berkunjung ke artikel yang tepat. Sebab di dalam artikel ini penulis akan membahas secara lengkap terkait jadwal offline mandiri sekaligus jadwal onlinenya juga. Nah, namun sebelum memasuki pembahasan utama, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari jadwal offline mandiri. Jadi Jadwal offline mandiri adalah jadwal dimana seluruh nasabah Bank Mandiri tidak dapat melakukan transaksi, baik melalui mesin ATM, internet banking, ataupun mobile banking sekali pun. Jadi semua transaksi akan tertunda, dan baru akan diproses, saat Bank Mandiri sudah kembali online. Tujuan diberlakukan sistem offline ini adalah untuk melakukan pembukuan transaksi. Jadi bagi Anda seluruh nasabah Bank Mandiri tidak perlu khawatir akan adanya jadwal offline ini, karena jadwal offline tersebut hanya berlaku pada jam-jam tertentu saja. Sehingga jika jadwal tersebut sudah terlewatkan, maka transaksi dapat dil

Jadwal Offline BCA Terbaru 2024, Internet Banking dan Layanan Kantor!

Dari sekian banyaknya masyarakat yang menggunakan layanan bank seperti internet maupun Mobile Banking di tanah air ini, rata-rata banyak yang belum tahu jadwal offline dari bank yang mereka gunakan. Padahal penting sekali untuk mengetahui jadwal offline bank yang digunakan, agar tidak terjadinya penundaan saat bertransaksi, termasuk mengetahui jadwal offline BCA. Karena jika sudah terjadi penundaan maka otomatis akan cukup memakan waktu untuk mengurusnya, apalagi jika kita sedang terburu-buru untuk bertransaksi, pasti kesal jika terjadi penundaan. Nah, oleh sebab itu untuk menghindari terjadinya hal tersebut sebaiknya Anda wajib mengetahui jadwal offline dari bank yang Anda gunakan, apalagi jika Anda nasabah dari Bank BCA tentunya wajib tahu jadwal offlinenya. Berikut ini penulis akan paparkan secara lengkap mengenai jadwal offline BCA, namun sebelum mengetahui jadwal offline dari Bank BCA, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu pengertian jadwal offline. Jadwal offline adalah wakt

Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 Ribu Apa Bisa Diambil? Simak Ketentuannya

Anda Pengguna BRI? Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 ribu apa bisa diambil? Hal tersebut seringkali jadi pertanyaan nasabah BRI. Tak jarang, nasabah ingin mengambil uang dari ATM hingga nominal sekecil mungkin atau batas minimal. Namun, sisa saldo yang kecil kemungkinan tidak bisa ditarik mengingat tidak ada mesin ATM yang menyediakan hingga pecahan uang dibawah 50 ribu rupiah. Selain itu, bukan hanya BRI, tetapi semua bank punya kebijakan terkait aturan dalam pembuatan rekening.  Sejak rekening dibuka, nasabah telah menyepakati beberapa hal, seperti jumlah setoran awal, biaya administrasi per bulan, limit transaksi, termasuk saldo minimal yang tersimpan. Oleh karena itu, pada nominal tertentu, uang bisa diambil dan tidak bisa diambil, berikut penjelasan lengkapnya.  Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 Ribu Apa Bisa Diambil? ATM BRI memiliki beberapa jenis, yaitu BRI Simpedes, BritAma, BritAma X, BritAma Bisnis. BRI Junio, BRI Simpel, TabunganKu, dan Simpedes TKI. Masing-masing tipe ATM BR